Rabu, 13 Februari 2013

Komunikasi yang baik adalah...

Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau ‘common” dalam Bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna, “commonness”. Atau dengan ungkapan yang lain, melalui komunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan atau sikap kita dengan partisipan lainnya. Kendala utama dalam berkomunikasi adalah seringkali kita mempunyai makna yang berbeda terhadap lambang yang sama.
Sebagai makhluk sosial , di dalam kehidupannya sehari – hari , manusia harus melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain . Dalam komunikasi , manusia membutuhkan orang lain atau suatu kelompok untuk melakukan interaksi . Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesame kelompok dan masyarakat . Di dalam organisasi atau perusahaan tersebut biasanya selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan berjalannya suatu organisasi atau perusahaan , yang terdiri dari pimpinan dan karyawan atau anggota.
 Horizontal Communication
            Horizontal Communication adalah tindak komunikasi yang berlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:
 1. Memperbaiki koordinasi tugas

 2. Upaya pemecahan masalah

 3. Saling berbagi informasi

 4. Upaya pemecahan konflik

 5. Membina hubungan melalui kegiatan bersama.
Komunikasi yang baik akan menghasilkan suatu hasil yang memuaskan untuk perusahaan atau instansi tempat kita bekerja. Salah satu cara dan langkah jitu adalah dengan mengikuti training atau pelatihan untuk memperdalam komunikasi antar karyawan dan memperdalam pengetahuan tentang tugas- tugas yang di emban di perusahaan tempat bekerja. Semoga bermanfaat..LETS TRAINING..:)
 
 *dari berbagai sumber
(Aris W) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar