Minggu, 10 Februari 2013

Semoga bermanfaat..:)

KEPALA SKK MIGAS LUNCURKAN KOMIK MIGAS

29 Januari 2013
Jakarta – Kepala Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini meluncurkan buku komik tentang industri hulu minyak dan gas bumi sebagai komitmen edukasi pengenalan industri hulu minyak dan gas bumi sejak dini. Pengenalan tentang industri hulu minyak dan gas bumi sejak dini merupakan hal penting untuk kelangsungan industri ke depan.
“Buku komik Indonesia berjudul “ Eksplorasi Migas Yang Ramah Lingkungan” berasal dari ide Rudi Rubiandini yang kemudian dituangkan dalam bentuk komik,” ujar Vice President Executive / GM PHE ONWJ Jonly Sinulingga saat peluncuran komik tersebut di kantor SKK Migas Jakarta hari ini (29/01). Peluncuran buku yang dihadiri oleh ratusan siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas serta sejumlah undangan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) tersebut dilakukan dengan cara yang sederhana namun penuh makna.
Kepala SKK Migas menjelaskan bahwa industri hulu minyak dan gas bumi masih belum dipahami dengan baik oleh banyak kalangan sehingga terkadang hal tersebut menimbulkan salah pengertian tentang industri yang merupakan salah satu penyumbang terbesar Penerimaan Negara. “Karena itu kita ingin agar edukasi menyangkut industri hulu minyak dan gas bumi dilakukan sejak usia dini sehingga di masa depan nanti pemahaman menyangkut industri hulu minyak dan gas bumi akan semakin baik di masyarakat,” ujarnya.
Dia menjelaskan bahwa generasi muda saat ini, yang masih duduk mulai bangku sekolah dasar hingga kuliah, merupakan penerus masa depan Indonesia karena itu diperlukan pemahaman yang baik menyangkut industri hulu minyak dan gas bumi sejak dini agar kelak hal tersebut dapat menjadi pengetahuan bagi mereka jika suatu saat mereka menjadi Pemimpin di negeri ini.
Dalam buku komik tersebut, industri hulu minyak dan gas bumi yang memilki bahasa yang rumit, sangat teknis dan kurang dimengerti oleh orang awam mampu dibuat menjadi amat sederhana, lugas dan mudah dimengerti bahkan oleh anak usia sekolah. “Kesulitan saya saat memulai untuk memberikan ide bagi buku komik ini adalah masalah bahasa. Bahasa yang saya gunakan adalah bahasa teknis padahal belum tentu bahasa teknis tersebut dapat dimengerti oleh anak usia sekolah. Dengan adanya komik ini maka masalah kesenjangan bahasa telah dapat dijembatani dengan baik,” ujarnya.
Buku komik “Eksplorasi Migas Yang Ramah Lingkungan” dicetak sebanyak 1.000 eksemplar dan akan dibagikan kepada siswa sekolah dasar hingga menengah yang ada di sekitar lokasi operasi minyak dan gas bumi yang dikelola PHE ONWJ. (BDD)
Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini (kanan) berfoto bersama siswa sekolah saat peluncuran komik mengenai industri hulu migas.


sumber: skkmigas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar